“3 Tips Cara Membangun Kepercayaan Diri”. Agar Bisnis Lebih lancar

Jadi sebelum saya membahas masalah kepercayaan diri, tentunya hal ini banyak dialami oleh kawula muda. Biasanya anda cenderung minder, anda mungkin cenderung pemalu. Anda juga cenderung menjadi orang yang tidak pede. Saya disini akan memberikan beberapa pengalaman saya. Mari kita bicara tentang membangun rasa percaya diri. Sebelum saya membahasnya, saya ingin menceritakan tentang diri saya terlebih dahulu.
Ketika dulu saya masih SMP, saya masih berusia sekitar 12 tahun, saya juga termasuk orang yang pemalu. Saya tidak memiliki banyak teman. Saya cenderung kurang pergaulan. Dan saya cenderung menjadi orang yang minder. Boleh dikatakan, saya termasuk pendiam. Tidak masuk akal, bukan? Sekarang saya bisa menginspirasi anda semua. Padahal saya dulunya dari background orang yang tidak percaya diri.

Tetapi pada waktu saya berusia 19 tahun, saya mengikuti sebuah seminar. Seminar itulah yang telah mengubah totalitas hidup saya. Seminar itulah yang membuat saya, 100% totalitas saya berubah. Saya yang dulunya pemalu, sekarang menjadi pemberani. Saya yang dulunya minder, menjadi percaya diri.

Dulunya, saya adalah orang yang selalu khawatir, namun sekarang saya menjadi orang yang pemberani. Sahabat entrepreneur, sebetulnya kepercayaan diri itu bukannya tidak bisa dilatih. Tetapi sebetulnya adalah cara kerja mindset kita yang keliru karena masa kecil kita yang mempunyai masa lalu yang tidak baik.

Mungkin karena lingkungan atau karena teman. Mungkin kita sering di-bully atau diejek. Dan akhirnya hal itu yang membuat kita menjadi minder. Tetapi sebetulnya sahabat entrepreneur, kepercayaan diri bukannya tidak bisa dilatih. Kita bicara tentang masalah alam bawah sadar. Di banyak video saya sebelumnya banyak yang membahas tentang masalah mindset dan pikiran bawah sadar. Saya akan ulang sekali lagi.

Jadi, bagaimana 3 tips cara kita untuk membangun rasa percaya diri? Yang pertama adalah seperti di video saya sebelumnya. Yaitu “3 Kebiasaan Kecil yang Harus Anda Lakukan Setiap Hari”. Nomor satu, anda harus sering melakukan yang namanya AUTO SUGESTI atau auto suggestion. Orang-orang bisa mengartikannya dengan kata afirmasi, itu juga sama saja. Saya mengajarkan 3 kalimat pada video tersebut. Yaitu : SAYA CINTA DIRI SAYA, SAYA SANGAT BAHAGIA, SAYA PASTI BISA! SAYA CINTA DIRI SAYA, SAYA SANGAT BAHAGIA, SAYA PASTI BISA! Kenapa kata-kata tersebut harus anda ulangi setiap saat? Karena kata-kata itu mempunyai kekuatan.

Kata-kata itu mengandung doa. Kata-kata tersebut bisa mencerminkan siapa diri anda kelak. Coba kalau anda selalu berkata-kata yang negatif. Itu seperti anda meminta doa yang negatif di dalam hidup anda. Auto suggestion ini sangat penting. Kalau misalkan anda minder, saya punya satu kalimat kunci mutakhir dalam 3 kata. Yaitu “SAYA PASTI BISA!”. “SAYA PASTI BISA!”. Kalau anda takut, anda cemas atau khawatir, katakan 3 kata ajaib ini : “SAYA PASTI BISA!”. “SAYA PASTI BISA!”. Ini adalah sebuah kalimat yang mempunyai kekuatan yang luar biasa. Jadi kalau misalkan anda mau ke rumah klien dan anda merasa minder. Katakan : “SAYA PASTI BISA!” Misalkan anda mau menembak seseorang dan datang ke rumahnya, anda mau menyatakan cinta tetapi tidak berani. Katakan : “SAYA PASTI BISA!” Kalau misalkan anda hari ini mau mengikuti pertandingan, tapi anda takut melihat lawan anda. Katakan : “SAYA PASTI BISA!”. Kalimat ini bisa anda gunakan dalam hal apapun.

Contohnya, anda mau mengikuti Ujian Nasional namun anda khawatir tidak lulus. Katakan : “SAYA PASTI BISA!”. Seketika kekhawatiran dan kecemasan anda akan hilang. Kekuatan itu sungguh luar biasa. Itulah tips yang pertama. Tips yang kedua adalah MELATIH DARI HAL YANG KECIL. Apa maksudnya? Jadi begini, omzet 100 juta Rupiah, itu dimulai dari 100 ribu pertama.

Anda bisa mendapatkan omzet 100 juta Rupiah, itu pasti dimulai dari jumlah yang kecil dahulu. Karena pikiran bawah sadar anda ini perlu dilatih. Pikiran anda perlu diperkenalkan. Seperti ada ‘makhluk asing baru’. seperti anda diperkenalkan pada suatu dunia yang baru. Kalau anda tidak pernah bekerja di dunia sales atau penjualan, anda pasti perlu melatih diri anda. Contohnya, kalau anda mungkin ingin closing 10 juta Rupiah, maka anda perlu closing 100 ribu rupiah dahulu. Ketika anda mampu menjual barang dengan omzet 100 ribu Rupiah, akhirnya pikiran bawah sadar anda dilatih. Semakin lama dari keuntungan 100 ribu yang terus menerus, maka akhirnya pikiran bawah sadar anda mengatakan bahwa ‘menjual untuk mendapatkan 100 ribu itu mudah’. Akhirnya, anda mulai melatih diri anda mendapatkan omzet 200 ribu terus menerus dan terasa mudah.

Tidak mungkin hari ini anda mendapatkan omzet langsung 10 juta. Anda bisa shock. Pikiran bawah sadar anda menolak. Tetapi, keuntungan 100 juta itu dimulai dari 100 ribu dahulu. Akhirnya, anda bisa menjual barang yang bernilai 1 Milyar. Contohnya mungkin properti. Tetapi pikiran bawah sadar anda harus dilatih. Dimulai dari hal yang kecil. Jadi, anda jangan terburu-buru tidak percaya diri. “Saya tidak bisa menjual barang yang mahal..”. Bukan seperti itu. Tetapi anda harus memulai dari hal yang kecil dahulu. Maka semakin lama pikiran bawah sadar anda akan terbiasa. Sama seperti ketika anda mengemudi mobil.

Awalnya anda tidak percaya diri. Tapi lama-kelamaan, anda pasti bisa. Karena apa? Anda memulai dari jarak pendek terlebih dahulu. Mungkin jarak 500 meter dulu, besoknya ditambah lagi 1 km. Lama-lama, 10 km dan akhirnya bisa ke luar kota. Sama juga dengan push-up.Push -up 100 kali? Anda tidak percaya diri. Anda bisa mulai berlatih dari push-up 10 kali dulu, tapi konsisten. Dimulai dari hal yang kecil. Itulah pesan saya untuk anda. Tips saya yang ketiga adalah yang paling penting dan yang paling sulit.

Yaitu apa? PENGULANGAN. Tolong diulangi. Karena pikiran bawah sadar itu cara kerjanya adalah jika anda ingin mengubah suatu pola dari yang lama menjadi baru, tidak bisa jika anda tidak KONSISTEN. Anda harus mengulang setiap hari. Maka akhirnya akan membentuk suatu pola. Jika polanya sudah terbentuk, niscaya pikiran bawah sadar anda sudah merekam. Jadi contohnya, misalkan anda hari ini ingin bangun pagi. Misalkan anda terbiasa bangun jam 8 pagi dan hari ini anda ingin mengubah pola anda menjadi bangun jam 6 pagi.

Mungkin di hari pertama anda masih merasa pusing, capek dan lelah. Tetapi saya percaya, 10 hari atau 20 hari kemudian, anda sudah terbiasa. Bahkan anda tidak bisa bangun jam 8 pagi. Karena apa? Anda sudah terlatih, karena sifatnya pengulangan. Baik sahabat entrepreneur, demikian video kali ini. Anda juga dapat mengulang video saya terus menerus. Maka anda bisa melatih diri, practice and action. Niscaya anda akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Semoga anda lebih percaya diri. Silahkan berbagi kepada teman-teman anda yang minder atau yang tidak percaya diri. Sukses untuk anda, salam hebat luar biasa..!!.

Read More: Ini Yg Terjadi Pada Tubuh Ketika Rutin Makan 2 Buah Pisang Tiap Hari, Salah Satunya Turun Berat Badan

Read More: Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Perlu Modal Besar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *